makanan enak berbagai tiap daerah

Berbagai makanan di berbagai daerah di Indonesia memang enak deh buat dicobain satu satu. Rasanya kalo dateng ke kota yang baru aja dikunjungi, biasanya hal pertama yang mau dilakukan adalah wisata kuliner makanan khas kota tersebut. Biasanya waktu yang pas buat wisata kuliner ya malem hari.

NASI UDUK + EMPAL DAGING (BANTEN)

Untuk yang pertama ada nasi uduk dicampur empal daging yang ada di kota Banten. Wih, bayangin aja biasanya nasi uduk cuma pake telor aja tapi di Banten nasi uduknya pake empal daging  Kalo jur ke kota Banten pada malam hari, jangan lupa berkeliling kotanya, coba perhatiin deh warung-warung makan di pinggir jalan yang menawarkan nasi uduk empal daging, jangan lupa mampir kesana.

Makanan khas banten ini cocok banget dinikmati pada malam hari, apalagi dengan teh hangat atau kopi. Kalo ngerasa seret gak ada kuahnya, bisa beli makanan khas Cirebon ini nih, namanya rabeg.  Rabeg ini terbuat dari daging sama jeroan kambing dan rasanya sangat pedas. Buat yang suka kuliner pedes bisa cobain deh, apalagi makannya sama nasi uduk dan empal daging tadi.

MIE KERING (MAKASSAR)

Mie kering dari Makassar sekarang nih. Namanya aja mie kering, jadi mienya ini kering ya bukan basah kaya mie biasanya. Kalo dimakan kriuuk kriuuk dan mienya disiramin sama kuah, kayak kuah capcay. Mie kering udah terkenal banget di Makassar, kalo ke Makassar jangan lupa deh nyicipin makanan ini. Makanan ini paling enak dimakan ya malem hari, tapi sekarang mie kering bisa ditemuin dari pagi hari padahal dulu mie kering cuma bisa ditemuin abis magrib sampai larut malam. Mungkin karena banyak peminat dan udah jadi legenda nya kuliner di Makassar ini jam terbangnya dibanyakin kali ya

Di Makassar juga ada nih makanan yang patut coba kalo ke sana, namanya Songkolo Begadang. Makanan ini terbuat dari beras ketan hitam dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa goreng terus di atasnya dan ikan teri kering yang ditumis pedas. Ada juga yang ditambahin sama telor asin.

NASI PONGGOL SETAN (TEGAL)

Sekarang kita ke Tegal. Di Tegal ada yang namanya Nasi Ponggol Setan. Biasanya di jual dari magrib sampe larut malam. Nasi ponggol setan ini seperti nasi biasa pada umumnya tapi dengan lauk kaya tempe, sayur oseng kacang panjang atau sayur nangka, mie atau bihun serta sambel, dan di bungkus menggunakan daun pisang. Gak jauh beda sih sama sego kucing di Jogja bedanya kalo di jogja tempatnya kaya angkringan tapi kalo di Tegal, nasi ponggol setan penjualnya pake gerobak

BANDROS (SUKABUMI)

Bandros ngga cuma ada di Sukabumi sih, tapi perlu coba bandros di kota Sukabumi karena konon katanya bandrosnya punya cita rasa dan sensasi yang berbeda. Bandros biasanya ada dari jam 8 malam sampai larut malam bahkan ada yang buka sampai jam 6 pagi. Harganya juga murah, cuma 5.000an.
Bandros paling enak di makan sama teh hangat atau kopi apalagi ditemenin sama pacar. Bikin tambah asik deh makannya.

SATE KALONG (CIREBON)

Makanan enak yang cuma ada di malam hari lainnya sekarang datang dari kota Cirebon. Sate kalong ini dagingnya bukan dari kelelawar ya, namanya aja kalong tapi dari daging kerbau. Keistimewaan sata kalong adalah, sate diguyur dari kaldu air rebusan daging kerbau yang sudah dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Selain itu, bumbu kacangnya dicampur dengan oncom. Jadi sate kerbau ini kaya akan rasa rempah. Wih, gimana tuh, bikin ngiler gak sih Makannya kalo dateng ke kota Cirebon jangan lupa nyipin satenya.

TAU SUAN (PONTIANAK)

Di Pontianak makanan yang paling enak dimakan di malam hari itu namanya Tau Suan. Tampilan Tau San yang berbiji-biji dan dihidangkan bersama Gorengan Ca Kwee yang garing. Dan biasanya ada kacang hijaunya juga. Makan tau suan paling enak pas malam hari apalagi saat hujan.

MIE ACEH (ACEH)

yang tinggal di Jakarta pasti gak asing denger makanan ini ya. Ya walaupun sering makan mie aceh, gak lengkap kalo gak makan di tempat asalnya. Di aceh paling enak makan mie ini pada malam hari, di sepanjang jalan banyak yang jual dan gak usah tanggung tanggung langsung pesan Mie Aceh versi komplit udang,cumi dan daging sekilas rasanya mirip kuah kare, tapi tetep top deh

TAHU TEK (SURABAYA)

kalo ke Surabaya jangan lupa deh nyicipin tahu tek, tapi makanan ini cuma ada pada malem hari dan paling enak juga dimakan di malem hari. Tapi, tahu tek gak cuma ada di Surabaya aja sih, ane ke mojokerto yang tetanggaan sama Surabaya juga masih ada yang jual tahu tek keliling pake gerobak tengah malem.

Tahu tek ini berupa lontong dan tahu kalo mau nambah, bisa juga ditambahin telur, tapi biasanya kalo penjual keliling jarang sih yang pake telur dan sebagai pelengkap disiram dengan bumbu kacang. Katanya sih nama tahu tek diambil dari bunyi tek para penjualnya

PANCONG BALAP (BEKASI)

Sebenernya bingung sih makanan enak apa yang cuma enak dimakan di malam hari di Bekasi. Ane taunya minuman khas daerah bekasi namanya capucino cincau yg jual di berbagai sudut kota bekasi pasti ada yg jualan capucino cincau deh  Di bekasi tuh semua ada, ya namanya kota urban. Pasti orang orangnya kebanyakan dari berbagai daerah di Indonesia gak cuma asli dari bekasi aja. Bahkan orang asli bekasinya aja dikit banget sih. Di Bekasi tuh semua ada yang ane sebutin diatas, mulai dari Tahu tek atau Mie Aceh, bahkan bandros juga ada di bekasi tapi namanya bukan bandros tapi pancong.

Di bekasi warung penjual pancong sangat menjamur sekali. Banyak deh. Karena saking terkenalnya, pancong ini menjamur ke daerah daerah tetangga, kaya depok atau bogor juga ada. Tapi gak tau nih asal mula pancong ini dari daerah mana. Karena di Bekasi banyak anak gaulnya, jadi pancongnya juga dibuat gaul. Pancong biasa tapi topingnya ada Nutella, Toblerone, choco chips, green tea, red velvet, rainbow, capucino, mocca dan masih banyak lagi. Makannya maen ke Bekasi. Terus mesen pancongnya juga ada takarannya nih, bisa mateng, setengah mateng, atau tiga perempat mateng. Tergantung selera , mau yang lembek atau yang berisi

Leave a Reply